5 Tempat Meriah di Indonesia Saat Perayaan Imlek

Perayaan Imlek di Indonesia

Bagi sebagian orang, perayaan tahun baru cina menjadi momentum paling ditunggu tiap tahunnya. Pada hari tersebut, banyak negara mengadakan festival dengan ciri khas dari masing-masing tempat tersebut. Kali ini, Linda Jaya memberi rekomendasi tempat-tempat meriah di Indonesia saat perayaan Imlek tiba.

1. Semarang

Tepatnya di Pasar Imlek Semawis (PIS), festival tahunan Imlek diadakan. Di sini, ada juga panggung terbuka di sepanjang Lorong Gang Pinggir dan Srawung. Pertunjukannya, beragam mulai dari Wayang Potehi, Gambang Semarang, Twa Kok Djwee, barongsai, permainan toya hingga wushu.

2. Solo

Grebeg Sudiro Imlek Solo
Grebeg Sudiro Perayaan Imlek di Solo

Menyambut tahun baru Imlek, masyarakat keturunan Tionghoa di Solo menggelar Grebeg Sudiro. Bermacam panganan khas Tionghoa seperti kue keranjang, cakwe, bakpao dan gembuhan, disusun menggunung lalu diarak. Kemeriahan lainnya bisa Sobat temui di Kawasan Pasar Gede, tak jauh dari Klenteng Tien Kok Sie.

3. Singkawang

Agenda festival Cap go meh di Singkawang selalu berbeda dengan tempat-tempat lain di dunia. Karenanya, acara ini dinobatkan sebagai event terbesar se-Asia Tenggara. Salah satunya yaitu, ritual tatung. Masyarakat semua kalangan berkumpul menjadi media penolakan roh-roh jahat. Parade tatung biasa digelar di Jl. Pangeran Diponegor, Jl. Sejahtera, Jl. Budi Utomo, Jl. Setia Budi dan berakhir di Jl. Niaga. Serangkaian acara pada Festival ini bisa sobat saksikan 14 hari setelah hari Imlek, yang jatuh pada tanggal 2 Maret 2018.

Lihat juga: Paket Wisata Khusus Imlek Singkawang

4. Palembang

Perayaan Imlek dilaksanakan di kawasan China Town Dempo, Palembang. Di sini, Sobat akan disuguhkan dengan pameran, aneka kuliner khas, dan ragam perlombaan. Ragam budaya Tionghoa di Palembang bisa Anda temui pada rumah, pakaian, makanan, tempat pengobatan, masjid, dan pemakaman.

5. Medan

Tahun 2018 ini, dilangsungkan acara Imlek Fair pada 26 Januari – 4 Februari 2018 di CBD Polonia. Pengunjung dapat menikmati penampilan musik seperti rock, jazz, dan pop. Serta aneka festival yang turut meramaikan seperti fashion show, modern dance dan cosplay.

Jadi, sudah ada rencana ke mana Sobat untuk menikmati gempita perayaan Imlek tahun ini?

Editor: Setya Mahanani

Sumber: Kompas.com

About Author

client-photo-1
Admin Linda Jaya

Comments

Leave a Reply