7 Tips Mengemas Koper Sebelum Berlibur

Packing menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika anda berencana melakukan traveling kemanapun tujuannya, karena perlengkapan yang perlu disiapkan pasti tidak jauh berbeda, termasuk cara Anda dalam mengemas dan menjadikannya rapi sehingga lebih memudahkan anda dalam mencari barang dan tidak terkesan penuh dan ribet nantinya.

Simak tips dari kami yuk #SobatLinda !

1. Pasangkan baju-baju Anda lalu jadwalkan pemakaiannya tiap harinya

Pertama, yang perlu anda perhatikan ketika melakukan proses packing adalah pisahkan barang-barang sesuai dengan hari dan juga jenisnya. Mengapa sesuai dengan hari yang digunakan? Hal ini bertujuan agar anda sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari dan mix and match kan baju saat anda sudah berada di lokasi tujuan anda, tips tersebut juga dapat menghemat waktu dan juga memperkecil kemungkinan anda membawa baju yang ternyata tidak digunakan disana lho, Sobat Linda.

2. Satukan barang-barang bawaan berdasarkan kategori

Tips ketiga ini mengenai barang-barang tambahan yang akan kamu bawa, sobat Linda, seperti aksesoris, perlengkapan makeup, perlengkaapan mandi, maupun barang-barang lainya, usahakan satukan dulu pada tempat yang sama seperti perlengkapan makeup satukan dengan perlengkapan makeup dalam satu tas kecil yang memiliki zipper sehingga barang-barang yang lain tidak jadi berantakan dan berjatuhan, dan hal tersebut berlaku untuk perlengkapan-perlengkapan kecil lainnya. Sehingga tas koper anda akan terlihat rapi dan tidak terkesan menumpuk.

3. Bahan pakaian juga jadi pertimbangan buat dibawa

Tips kedua bagi sobat Linda yaitu, usahakan membawa baju yang berbahan ringan (menyerap keringat) dan tidak mudah kusut. Karena bahan yang nyaman saat digunakan akan memberikan kenyaman juga saat anda melakukan traveling. Kalaupun terpaksa anda harus membawa baju formal seperti gaun atau baju-baju yang mudah lecek maka usahakan anda sudah mengatasinya dengan baik salah satu tips yang kami berikan untuk #SobatLinda adalah lipat baju anda dengan rapi dan berikan kertas yang berbahan agak tebal untuk menjadi penyangga antar lipatan baju sehingga baju anda tidak kusut atau berubah lipatan nantinya saat melakukan pengemasan.

4. Hanger, gantungan baju, bisa jadi penyelamat baju-baju mudah kusut

Bonus tips bagi sobat Linda adalah, jangan lupa untuk selalu membawa penggantung baju, memang sih sepertinya terlihat tidak penting untuk dibawa saat traveling, tapi perlu sobat perhatikan apabila nanti sobat ingin mengangin-angin kan baju anda ketika sudah sampai di hotel, apalagi kalau harus berebut dengan teman atau dengan kerabat keluarga anda. Setidaknya selalu siapkan 2 (dua) gantungan baju dalam koper kamu ya sobat.

5. Gulung pakaian untuk memperbanyak ruang simpan

Cara ini bisa menghemat ruang di koper secara instan, jadi kamu bisa mengepak semua benda yang harus dibawa dalam satu koper saja. Pilihlah pakaian yang bahannya travel-friendly ya. Bukan hanya nyaman dipakai tapi juga mudah digulung dan tidak cepat kusut. Rayon, katun dan linen merupakan bahan yang nyaman dan ringan tapi mudah kusut sehingga kamu perlu membawa setrika atau steamer portable ketika akan dipakai di tempat tujuan. Sebaiknya pilih pakaian dengan bahan yang tidak mudah kusut. Seperti polyester, jersey atau campuran katun-polyester. Bisa juga bahan denim dan rajutan.

6. Keluarkan baju paling berat dari koper dan pakailah

Apabila akan liburan ke negara beriklim dingin atau ketika musim salju datang, pastinya #sobatLinda akan membawa pakaian berbahan berat seperti coat dari wool, sweater, jaket kulit, boots atau jeans. Jangan ragu untuk memakainya ketika akan berangkat karena akan membantu membuat barang bawaan kamu lebih ringan. Rangkap pakaian sekaligus. Misalnya sweater untuk dalaman dan jaket sebagai luaran.

7. Pinjam meminjam barang, boleh-boleh saja saat traveling asal tidak ada pihak yang dirugikan

Jika berpergian bersama 5-6 orang atau keluarga besar, cari tahu apa saja yang mereka bawa dan apakah bisa dipinjam. Misalnya saja, ada beberapa orang yang tidak bisa pergi tanpa membawa hair dryer, payung atau selalu bawa peralatan mandi dalam ukuran besar. Tanyakan pada teman seperjalanan kamu apa saja yang dia bawa. Jika dia membawa sabun atau shampo dalam jumlah banyak, maka kamu bisa memintanya. Dengan begitu kamu tidak perlu membawa peralatan mandi lagi.

Editor: Sakinah Rachman & Setya Mahanani

About Author

client-photo-1
Admin Linda Jaya

Comments

Leave a Reply